Penggunaan USE dan USED

Halo English learners..

Kali ini ELP akan membahas tentang penggunaan use, karena beberapa dari kita masih bingung dengan penggunaannya, terutama jika sudah menjadi frase. Kata use sendiri merupakan kata kerja (verb) yang memiliki banyak arti tergantung konteks yang digunakan. Berikut penjelasan mengenai penggunaan use beserta contohnya.

Mohon di simak ya guys biar gak bingung lagi nih, jangan sampai terbalik penggunaannya.

1.      USE
Kata ini merupakan kata kerja (verb) yang umumnya memiliki arti “menggunakan”. Contoh kalimat:

·         I want to use my note to write some important things. (Saya ingin menggunakan catatan untuk menulis beberapa hal penting).

·         Almost all students use smart phones to help them in doing assignments.  (Hampir semua murid menggunakan ponsel pintar untuk membantu mengerjakan tugas).

Selain berfungsi sebagai verb, use ini juga memiliki fungsi sebagai kata benda (noun) yang artinya “penggunaan”. Contoh kalimat:

·         The use of English in conversation nowadays has become a habit(Penggunaan bahasa Inggris dalam percakapan akhir-akhir ini sudah menjadi kebiasaan)

·         Your car is in use. (Mobilmu sedang digunakan--use di sini menggunakan noun)

2.      USED
    
Kata ini masih memiliki arti yang sama seperti “use”, yaitu “menggunakan”, namun dipakai untuk menyatakan kejadian yang sudah lampau (past tense). Contoh kalimat: 

·         My father used my laptop to type some documents last night.
(Ayahku menggunakan laptopku untuk mengetik beberapa dokumen tadi malam).

·         She used my blanket when we were camping. (Dia menggunakan selimutku ketika kita sedang berkemah).

Selain itu, kata “used” merujuk pada kalimat pasif yang berarti “digunakan”, tapi harus didahului oleh to be (is, am are, was, were). 

Contoh kalimat:

·         The paper is used by the teacher to write the students’ attendance(Kertas itu digunakan oleh guru untuk menulis kehadiran siswa).

·         All tables were used to make the test run well.  (Semua meja digunakan untuk membuat testnya berjalan lancar).

Nah begitu English learners penjelasannya. Cukup di mengerti kan? Kalo ada yang masih bingung bisa ditanyakan lewat kolom komen dibawah ya, pasti ELP balas^^
Next article ELP akan membahas lanjutan dari use nih, yaitu tentang penggunaan "use to""be use to" dan "get use to".  Hayoo, apa bedanya? Ditunggu ya..



Learn, practice and perfect your English with ELP.
Author : Ms. Mia Rahmawati

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penggunaan Used to, Be used to, Get used to

Title and Naming System (Part A)

Title and Naming System (Part B)