Tips on Speaking English

TIPS ON SPEAKING SPEAKING ENGLISH FLUENTLY AND CONFIDENTLY

Sudah banyak orang belajar bahkan ikut kursus bahasa inggris, dan sebagai hasilnya mereka bisa tahu English grammar, menjawab test bahasa Inggris dengan benar, bahkan bisa menulis dalam bahasa inggris dengan bagusnya. Tapi bagaimana dengan “berbicara dalam bahasa Inggris dengan lancar dan percaya diri?"

Jika anda sudah belajar bahasa Inggris bertahun-tahun tapi masih tidak bisa menggunakannya dalam percakapan..


Well, tidak hanya anda saja!


Banyak orang tidak mempunyai masalah dengan kemampuan membaca dan menulis dalam bahasa inggris, tapi  ketika diminta untuk berbicara, kabanyakan dari mereka akan langsung merasa malu, kaku, dan ‘stuck’. Bingung mau mulai darimana. Kadang kossakata bahasa inggris yang sudah didapat pun hilang entah kemana!

Well, that’s exactly what happens if you just keep silent.. your Englsih will be rusty!

Di post ini saya ingin membagi beberapa tips yang dapat menolong anda untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa inggris dengan lancar dan percaya diri. 

      1.      Speak Speak Speak

         Dalam bahasa Inggris, ada proverb terkenal “practice makes perfect

Push yourself to speak up!

Berbicara sendiri atau dengan grup tidak masalah, yang penting paksa diri anda untuk mengucapkan satu dua kata atau kalimat dalam bahasa inggris. Bagi anda yang sudah menguasai banyak  vocabs and grammar, silahkan gabung dan latih speaking anda di kelas Conversation. ELP English Language Program menyelenggarakan kelas Conversation dangan berbagai feature dan feedback baik dari tutor lokal maupun tutor native speakers.
Jika anda ingin berlatih sendiri juga tentu saja bisa.

 Talk to yourself,

Bicara sendiri, bisa didepan cermin atau hanya sekedar berbicara dalam hati sambil melakukan sesuatu. Tentu ada plusnya jika anda mengambil kelas Convo, anda akan mendaatkan feedback dan koreksi dengan cepat dari tutor-tutor anda.

      2.      Allow Yourself To Mistakes


Jangan takut salah. Tujuan kita dalam berbicara adalah untuk menyampaikan pesan dan berkomunikasi, bukan untuk menunjukkan seberapa bagus bahasa Inggris kita.

Bahkan English native speakers sekalipun membuat kesalahan!  

Tapi bukan berarti kita bisa berbicara  tanpa grammar, tapi kalau dari awal berbicara kita sudah khawatir soal grammar, akhirnya kita jadi sama sekali tidak mau berbicara dalam bahasa Inggris. So, keep in mind: making mistakes is allowed.


      3.      Listen and Read

Kita perlu tahu banyak kata-kata untuk berbicara kan? Tambah kosakata anda setiap hari. Anda bisa ambil kursus bahasa Inggris agar kosakata yang anda dapatkan lebih terarah sesuai dengan kebutuhan anda, atau anda bisa melakukannya sediri dengan berbagai cara; mendengarkan musik, dengarkan cara pengucapannya dan temukan arti dari liriknya, menonton film atau konten dalam bahasa inggris dr youtube atau TV berbayar, membaca buku, novel, blog.

Ketika sedang mendengarkan atau membaca, temukan ekspresi-ekspresi baru dan menarik.


Expression:
Jane   : ”Sorry, I’m late, girls, I overslept.”
Nancy: “No worries. Let me bring you up to speed.”

Slang:
Rick: “We can’t hang out tonight, my car won’t start..”
Jack:  “Argh bummer! Can you have it fixed?”

Kata kata slang, kata kata yang sedang trend, mencari sinonim dan antonimnya, lalu tulis dan cari arti dan penggunaannya, tirulah bagaimana pengucapannya. Semakin anda sering melakukan ini semakin anda lancar dan percaya diri,,

You will sound like a native in no time!

      4.      Record your Voice

Jika anda belajar speaking secara otodidak dan ingin tau seberapa mirip English-speaking anda dengan native speaker, cobalah untuk merekam suara anda dengan membaca sebuah dialog, monolog atau hanya sekedar membaca beberapa kalimat. Dengarkan Kembali rekaman anda, and check: have you sounded like native already? mungkin saja anda akan mendengarkan diri anda berbicara dengan gugup, misalnya kebanyakan mengucapkan huruf “s”, atau terdengar sperti bergumam tidak jelas. Atau sebaliknya, speaking anda justru tidak sejelek yang yang anda bayangkan.

Jika anda mengikuti kursus bahasa Inggris, mintalah kepada tutor tutor anda untuk memberikan feedback-nya.

      5.      Dig deeper until its Core

Belajar berbicara bahasa inggris seminggu sekali biasanya tidak cukup untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Latih percakapan bahasa Inggris anda setiap hari minimal 30 menit. Jika belajar sendiri tidak cukup “fun” untuk anda, atau karena lingkungan anda tidak mendukung, bergabunglah dengan kursus bahasa Inggris yang menyediakan program Conversation berjenjang.

 Temukan teman-teman baru di kursusan anda.. Semakin banyak orang di lingkaran grup anda, semakin banyak juga kesempatan untuk saling melatih percakapan anda dengan tema yang lebih bervariasi. Sudah banyak kursus bahasa inggris yang berbasis online jika anda tidak bisa datang untuk menghadiri kelas tatap muka secara langsung. Find your own English-environment dimana anda bisa mengeksplor semua kosakata, ekpresi, dan tata bahasa yang sudah anda kuasai.

Jadi tidak ada istilah “Sudah belajar bahasa inggris lama, tapi ga bisa-bisa!”

Kuncinya adalah latih terus apa yang sudah anda tahu. Sedikit sedikit tiap hari tidak apa. Ciptakanlah lingkungan bahasa Inggris anda sendiri, mulai dr yang terdekat, menonton film dan mendengarkan musik yang berbahasa inggris, tiru pengucapannya, berteman dengan native melalui website-website penpals, jangan lupa sediakan waktu anda untuk berbicara sendiri atau mengajak teman untuk berlatih bercaka dalam bahasa inggris. 



Author : Rima Laranesya

Komentar

  1. Thanx,,my friend for your tips,,,i hope it can make to improve my English speaking😘😘😘

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penggunaan Used to, Be used to, Get used to

Title and Naming System (Part B)

Title and Naming System (Part A)